Legimin Syukri

Lahir di Simalungun 21 Maret 1963. Alumni IAIN SU Fakultas Syariah. Pegawai Kemenag Kota Medan....

Selengkapnya
Edisi Muhasabah  (5): Kesempurnaan Hanya Milik Allah
Penyerahan soal ujian di Sekolah Al Jam'iyatul Washliyah Serbalawan. (Dokpri)

Edisi Muhasabah (5): Kesempurnaan Hanya Milik Allah



Hari Sabtu 13 April 2019/7 Sya'ban 1440, merupakan puncak dari seluruh kegiatan panitia imtihan umumy Al Jam'iyatul Washliyah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mulai hari Senin 15-20 April 2019 Madrasah Tsanawiyah Diniyah dan Madrasah Ibtidaiyah Diniyah melaksanakan imtihan umumy secara serentak di seluruh Indonesia.

Ujian kali ini, khusus pelajaran diniyah/ keagamaan yang seluruh soal dan jawabannya berbahasa Arab yang disebut dengan "Arab gundul".

Di waktu yang sama, Madrasah Tsanawiyah Swasta SKB, Madrasah, Ibtidaiyah (MI), SD Swasta, dan Sekolah Menengah Pertama SMP Swasta yang di bawah pembinaan Al Jam'iyatul Washliyah seluruhnya mengikuti ujian Kealwashliyahan.

Seluruh peserta yang mengikuti imtihan umumy dari tingkat yang kita sebutkan di atas lebih kurang delapan ribu peserta. Terkonsentrasi di wilayah Sumatera Utara, Jawa Barat, Jakarta, dan Banten.

Kami seluruh panitia bahu membahu untuk mendistribusikan seluruh soal-soal. Penulis sendiri sebagai sekretaris terjun di dua wilayah kabupaten, yaitu Simalungun dan Batubara. Sekaligus silaturrahmi dengan perwakilan di daerah masing-masing.

Kami dari segenap panitia harian imtihan umumy berpesan kepada seluruh Rais Mumtahin yang di amanahkan di wilayah madrasah yang di tunjuk. Kiranya dapat menjaga ketertiban dan kondusifitas di tempat tugasnya masing-masing dan berada di tempat tugas sehari sebelumnya.

Dalam pelaksaan tugas, selalu ada serba serbinya. Termasuk serba serbi yang kutuliskan ini. Ketika perjalanan penulis telah berjalan lebih kurang dua jam, berderinglah telepon genggamku. Kuangkat, ternyata dari sekretariat panitia. "Bang...Bang..., kartu ujiannya ketinggalan." Langsung kujawab, "Udah jangan panik. Kirimkan saja melalui terminal bus yang arah kesana. Ok...ya."

Perjalanan berlanjut menuju Kabupaten Batu bara. Begitu sampai semua soal-soal diturunkan dan dilakukan penyerahan kepada pihak perwakilan sekolah.

Begitu kira-kira 30 menit berjalan, ponselku bedering. Ada apa lagi ini, dalam hatiku. Ternyata sekolah si Anu soalnya belum ada. Langsung kuarahkan kepada sekretariat, supaya cepat mengambil solusi karena waktu masih ada.

Begitu sampai di gedung Dakwah Al Jam'iyatul Washliyah Bangun Kabupaten Simalungun kami berhenti. Soal ksmi serahkan untuk Madradah Ibtidaiyah Diniyah yang lokasi madrasahnya di belakang gedung tersebut.

Saat itu sudah tiba waktu shalat zuhur. Kami sudah masbuk. Kami hanya shalat berjamaah berdua jamak dan qasar bersama anakku.

Dalam do'a kuserahkan kepada Allah semua urusanku, tiada manusia yang sempurna. Kesempunaan hanya milik Allah Subhanahu wata'ala.

Wa Ilallahi turja'ul Umur.
Baity jannaty, 14 April 2019.



DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat berjuang Abah, insya Allah semua yang dilandasi dengan ibadah, surga balasannya. Barakallah.

15 Apr
Balas

Insya Allah semua jadi ibadah, terima kasih saudaraku. Barakallah pak Siswanto sehat selalu

15 Apr

Subhanallah, perjuangan terus dilakukan demi umat dan generasi Islam. Semua persiapan sudah diupayakan, namun kemampuan manusia terbatas, serahkan pada Sang Maha Kuasa. Sukses selalu. Teruntai doa untuk Abah semoga Allah limpahkan rahmatNya agar Abah diberikan kesehatan dan barakallah fiik

15 Apr
Balas

Kita manusia memiliki sifat kekurang, semoga Allah mencukupi dan menyempurnakan. Barakallah Ibu Siti sehat selalu

15 Apr

Semuanya pasti ada hikmah yang tertinggal....Semoga sukses ujiannya Bapak. Barakallah...

15 Apr
Balas

Betul Ibu, semua ada hikmahnya. Barakallah Ibu Rini sama-sama sukses

15 Apr

Hari yang cukup melelahkan. Sehat selalu njih pak Syukri...

15 Apr
Balas

Njih Ibu, semoga Allah menggantinya dengan yang terbaik. Barakallah Ibu Saidah sehat selalu

15 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali